Selamat Datang di Website Resmi Sertifikasi Guru, PLPG, Rayon 101 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh.

Tuesday, 11 October 2016

Buku 3 | RAMBU-RAMBU PELAKSANAAN PLPG 2016

Pelaksanaan Sertifikasi Guru merupakan salah satu wujud implementasi dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Tahun 2016 merupakan tahun kesembilan pelaksanaan sertifikasi guru yang telah dilaksanakan sejak tahun 2007. Perbaikan penyelenggaraan sertifikasi guru terus dilakukan dari tahun ke tahun untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
Perbaikan penyelenggaraan sertifikasi guru tahun 2016 antara lain pada mekanisme penyelenggaraan dan proses penetapan peserta. Mekanisme penyelenggaraan sertifikasi guru mulai tahun ini dilaksanakan melalui pola Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) dan LPTK penyelenggara PLPG ditetapkan dengan sistem rayonisasi yang meliputi LPTK Rayon, Subrayon, dan Mitra. Penetapan calon peserta mulai tahun ini menggunakan batas minimal hasil uji kompetensi guru (UKG) yang dilaksanakan tahun 2015, dan perangkingan dilakukan oleh sistem yang terintegrasi dengan dapodik dan dipublikasikan secara online.
Buku 3: Rambu-rambu pelaksanaan PLPG tahun 2016 ini merupakan revisi lebih lanjut dari rambu-rambu pelaksanaan PLPG tahun 2015 yang berisi rasional dan dasar hukum, struktur kurikulum, penyelenggraan, materi, skenario pembelajaran, uji kompetensi dan ketentuan kelulusan PLPG. Buku 3 ini diharapkan sebagai acuan bagi LPTK Rayon, Subrayon, LPTK Mitra di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, dan Kementerian Agama, serta pihak lain yang berkepentingan.
Terimakasih kepada Tim Sertifikasi Guru yang tergabung dalam Pelaksana Harian Konsorsium Sertifikasi Guru, Ditjen GTK, dan Ditjen Belmawa, serta pihak lain yang telah berpartisipasi dalam penyusunan Buku Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Sertifikasi Guru di LPTK Rayon dan Subrayon.

Unduh Buku 3 Rambu-Rambu Pelaksanaan PLPG 2016

Ċ
View Download

No comments:

Post a Comment